Pengertian Pengelasan (Welding)

        Hallo, para pembaca salam kenal dan selamat datang, dalam kesempatan ini saya memposting untuk pertama kali dalam blog saya yang tentunya nanti akan diisi dengan informasi dan pengetahuan seputar pengelasan (Welding) dikarenakan ilmu ini sudah pernah saya dapatkan dan saya ingin coba limpahkan dalam sebuah tulisan yang mudah-mudahan akan terus saya lakukan karena pada bidang ini sangat banyak hal yang dapat digali dan dibahas secara mendalam. 

        

        saya juga ingin meminta bantuan teman-teman pembaca jika ada kesalahan pada informasi dan penyampaian untuk kritik dan sarannya dikolom komentar yang ada atau dapat email langsung ke arbasaid@gmail.com, Terima kasih sebelumnya karena sudah berkunjung dan menyempatkan diri berselancar di blog saya. 🙏


Pengertian Pengelasan

    Pengelasan adalah proses menyambungkan 2 (dua) buah material atau lebih dengan aplikasi dari panas atau tekanan atau juga keduanya dan menggunakan ataupun tidak menggunakan tambahan kawat las (filler metals) dan membentuk sambungan saat materialnya mendingin kemudian terhubung (weldment).



Gambar 1: Proses Las (Welding)

Sumber: <a href="https://www.freepik.com/photos/light">Light photo created by nikitabuida - www.freepik.com</a>


Pembagian Bedasarkan Tipe Proses


  • Solid State Welding
    Solid state welding adalah proses pengelasan yang proses penyambungannya menggunakan panas tetapi panasnya dibawah dari titik leleh material yang akan disambung ataupun material utama dengan  aplikasi penekanan (pressure) dan tanpa perlu menggunakan tambahan kawat las. Contoh Solid State Welding = Ultrasonic Welding dan Exlposion Welding


  • Fusion Welding 

    Fusion Welding adalah proses pengelasan yang proses penyambungannya diatas dari titik leleh material (melebur) yang akan disambung ataupun material utama dengan penekanan ataupun tanpa penekanan dengan menggunakan tambahan kawat las ataupun tanpa tambahan kawat las. Contoh Fusion Welding = Resistance Welding dan Arc Welding.



Komentar

  1. Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa cek postingan yang lain dan selamat membaca semoga mendapat ilmu baru.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solid State Welding

Fusion Welding

Tipe Sambungan Dalam Pengelasan